Tuesday, January 31, 2012

sejarah Psikolinguistik


SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLINGUISTIK

Psikolinguistik merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang proses-proses pemerolehan dan penggunaan bahasa ditinjau dari segi psikologi yang secara umum mempelajari tiga hal utama, yaitu : Comprehension: How people understand spoken and written language, Speech Production: How people produce language, and Acquisition: How people learn language.

1860: Heyman Steinthal (ahli psikologi yang mnjadi linguis) dan Moritz Lazarus (ahli linguistic yg mnjd psklgis)
menerbitkan jurnal ”Zeitschrift fur Volkerpsychologie und Sparch Wissenschaft” (Jurnal Psikologi Sosial dan Linguistik).

1901: Albert Thumb (ahli linguistik) dan Karl Marbe (ahli psikologi)
menerbitkan buku berjudul Experimentelle Untersuchungen über die Psychologishen Grundallen der Sparchichen Analogiebieldung. Kedua pakar tadi menggunakan kaidah-kaidah psikologi eksperimental untuk meneliti hipotesis-hipotesis linguistik yang menghasilkan pengaruh sangat kuat akan lahirnya psikolinguistik.

1951:Sebuah lembaga sosial Amerika bernama Social Science Research Council menyelenggarakan sebuah seminar yang  mempertemukan para pakar linguistik, psikologi, patologi, ahli-ahli teori informasi, dan pembelajaran bahasa. Mereka merumuskan hubungan kerja sama antara psikologi dan linguistik.

1953: Osgood(linguis), Sebeok(linguis), dan Caroll(ahli psikologi)
bertemu dalam seminar di Universitas Indiana Amerika Serikat. Pertemuan ini mengahasilkan buku Psycholinguistic : A Survey of Theory and Research Problems. Inilah buku psikolinguistik pertama yang menggunakan istilah psikolinguistik.

1953: Sarjana pertama disiplin ilmu ini adalah Eric Lenneberg
Dibukanya program khusus psikolinguistik oleh R.Brown merupakan tanda formal ilmu ini adalah disiplin mandiri.

1957: Skinner menerbitkan buku Verbal Behaviour. Pada tahun yang sama Chomsky mengeluarkan buku Syntactic Structure. Yang menjadi pelengkap ilmu psikolinguistik.

1974: Mehler dan Noizet
Perkembangan  disiplin ilmu psikolinguistik penulisan artikel “Vers une Modelle Psycholinguistique du Locuter” yang dimuat di Textes Pourune Psycholinguistique.

Reference : Berbagai Sumber

0 komentar:

Post a Comment